gravatar

MENGENAL TENTANG PUTRI DUYUNG

Ikan Duyung

Menurut legenda, puteri duyung adalah makhluk air yang memiliki kepala dan tubuh layaknya seorang perempuan dan ekor menyerupai ikan. Ikan duyung hidup di dasar laut dan dikatakan merupakan seorang puteri yang telah disumpah sebahagian anggotanya daripada paras pinggang hingga ke kaki menjadi ikan.
Puteri duyung merupakan makhluk legendaris yang ceritanya sudah beredar berabad-abad yang lalu. Mereka termasuk salah satu makhluk legendaris separuh manusia separuh hewan. Cerita mengenai ikan duyung wujud dalam hampir semua masyarakat di dunia. Dalam mitologi Yunani, ikan duyung dikatakan selalu menggoda para pelaut yang lalai. Sesiapa yang tergoda akan menemui ajalnya. Masyarakat Babilonia pula menyembah puteri duyung sebagai dewa laut yang dikenal sebagai Ea atau Oannes. Oannes digambarkan sebagai duyung jantan.

Kisah mengenai ikan duyung


Cerita tentang ikan duyung atau puteri duyung pertama kali ditemukan di Assyria. Cerita itu berkisah tentang Dewi Atargatis, Ibu dari ratu Assyria, Semiramis. Dewi Atargatis jatuh hati pada seorang gembala, yang kemudian terbunuh olehnya. Karena malu, ia menceburkan diri ke danau untuk mengubah diri menjadi ikan. Namun, air tidak bisa mengubah dirinya sepenuhnya karena ia masih memiliki kekuatan sebagai seorang Dewi. Akhirnya, hanya separuh tubuhnya yang menjadi ikan.
Legenda Yunani yang terkenal menceritakan bahwa puteri duyung adalah Thessalonike, adik Alexander Agung yang berubah menjadi duyung setelah meninggal. Dia hidup setelah mati sebagai puteri duyung di laut Aegea, dan selalu menanyakan nasib kakaknya.
Dia hanya menanyakan satu hal bila ada pelaut melintas. Dia selalu bertanya:
- Ζει ο βασιλιάς Αλέξανδρος ? (Zi o basiliás Aléxandros?)
(Apakah Alexander Agung masih hidup?).
Jika dia bertanya demikian, jawaban yang tepat adalah:
- Ζει και βασιλεύει (Zi kē basileúi)
(Dia masih hidup dan masih memerintah).
Bila tidak menjawab seperti demikian, maka ia berangsur-angsur berubah menjadi Gorgon dan mencelakai pelaut yang sedang melintas.
Kisah mengenai puteri duyung kini sudah universal, mendunia, dan bukan milik suatu daerah atau negara saja. Banyak orang dari berbagai negara menciptakan karakter puteri duyung masa kini atau masa lalu sesuai dengan imajinasinya.
Puteri duyung dalam berbagai negara
Beberapa makhluk legendaris yang karakternya mirip puteri duyung juga ditemukan di beberapa negara, seperti: Mami Wata dari Afrika barat dan tengah; Russalki (Rusalka) dari Rusia dan Ukraina; Merrow dari Irlandia dan Skotlandia; Oceanid, Nereid, dan Naiad dari Yunani, ketiganya adalah Nymph air. Dalam dongeng dan cerita rakyat Eropa, ada makhluk yang wujudnya menyerupai puteri duyung disebut Melusine, berwujud wanita dari kepala sampai pinggang, sedangkan berwujud ikan dari pinggang ke bawah, dengan dua ekor yang bercabang atau kadang-kadang seperti ular. Di Jepang, jika manusia memakan daging puteri duyung, maka akan memperoleh keabadian. Dalam beberapa cerita rakyat di Eropa, puteri duyung dapat mengabulkan permohonan.

-Arabian Nights
The Arabian Nights (Seribu Satu Malam) meliputi beberapa cerita yang menampilkan "Orang Laut", seperti Djullanar Laut-gadis. Berbeda dengan penggambaran dalam mitologi lain, secara anatomis ini identik dengan manusia terikat tanah, hanya berbeda dalam kemampuan mereka untuk bernapas dan hidup di bawah air. Mereka dapat (dan melakukan) kawin silang dengan manusia tanah, anak-anak serikat seperti berbagi dalam kemampuan untuk hidup di bawah air.
Di lain kisah Arabian Nights, "Abdullah Nelayan dan Abdullah yang Merman", protagonis Abdullah Nelayan keuntungan kemampuan untuk bernapas di bawah air dan menemukan sebuah masyarakat kapal selam di bawah air yang digambarkan sebagai refleksi terbalik masyarakat atas tanah, di masyarakat bawah air mengikuti bentuk komunisme primitif di mana konsep seperti uang dan pakaian tidak ada. Lain kisah Arabian Nights berurusan dengan teknologi kuno yang hilang, maju peradaban kuno yang sesat, dan bencana yang kewalahan mereka. 
Dalam "Petualangan Bulukiya", pencarian protagonis Bulukiya untuk ramuan keabadian membawanya untuk menjelajahi lautan, di mana ia bertemu masyarakat dari putri duyung "Julnar Laut-Lahir dan Her Anak Raja Badar Basim Persia". Adalah Arabian Nights lagi kisah tentang putri duyung. Ketika pelaut datang putri duyung bernyanyi, dan beberapa orang yang langsung menuju ke azab mereka. Jika mereka mengikuti suara putri duyung 'cantik dan indah, mereka tidak tahu apa yang mereka lakukan atau ke mana mereka pergi. -Kepulauan Inggris
Putri duyung yang tercatat dalam cerita rakyat Inggris sebagai pertanda sial - baik bencana meramalkan dan memprovokasi itu. varian Beberapa balada Sir Patrick Spens menggambarkan putri duyung berbicara ke kapal-kapal hancur;. Dalam beberapa, ia memberitahu mereka bahwa mereka tidak akan pernah melihat tanah lagi, dan orang lain, dia mengaku bahwa mereka berada di dekat pantai, yang mereka cukup bijaksana untuk mengetahui berarti hal yang sama. Mereka juga bisa menjadi tanda cuaca kasar.
Beberapa putri duyung digambarkan sebagai monster dalam ukuran, hingga 2.000 kaki (610 m).
Putri duyung juga bisa berenang sampai ke danau air tawar sungai. Suatu hari, di sebuah danau dekat rumahnya, Laird dari Lorntie pergi untuk membantu seorang wanita pikirnya tenggelam, seorang hamba-Nya menariknya kembali, peringatan itu putri duyung, dan putri duyung itu menjerit setelah itu ia akan membunuhnya jika bukan karena hamba-Nya.
Pada kesempatan, putri duyung bisa lebih dermawan, mengajar manusia untuk menyembuhkan penyakit. 
Beberapa cerita mengangkat pertanyaan apakah putri duyung punya jiwa abadi dalam menjawab negatif. Sosok Ban Li. Muncul sebagai putri duyung dikuduskan, tetapi dia adalah seorang manusia berubah menjadi putri duyung, setelah tiga abad, ketika agama Kristen telah datang ke Irlandia, dia datang untuk dibaptis. 
Duyung itu tercatat sebagai liar dan lebih jelek daripada putri duyung, tapi mereka digambarkan memiliki bunga kecil pada manusia. 
Dalam mitologi Skotlandia, ada putri duyung disebut ceasg atau "pembantu gelombang".  Mermaid Warsawa 1659, Lambang Warsawa Lama di sampul buku akuntansi kota.
Putri duyung, atau syrenka, adalah simbol dari Warsawa .Gambar-gambar putri duyung disimbolkan Warsawa pada puncak sejak pertengahan abad ke-14. Triton asosiasi .Beberapa legenda dari mitologi. Dengan kota, yang mungkin merupakan asosiasi putri duyung asal.Lain
Di antara negara-negara Neo-Taíno dari Karibia putri duyung disebut Aycayia  atribut-nya berhubungan dengan dewi Jagua,. Dan bunga kembang sepatu dari Hibiscus tiliaceus majagua pohon.  Contoh dari budaya lain adalah Mami Wata Barat Tengah dan Afrika, Jengu dari Kamerun, Merrow Irlandia dan Skotlandia, Rusalkas Rusia dan Ukraina, Iara dari Brasil dan Oceanids Yunani, Nereids, dan Naiads. Satu air tawar seperti putri duyung makhluk dari cerita rakyat Eropa Melusine, yang kadang-kadang digambarkan dengan dua ekor ikan, dan waktu lain dengan tubuh yang lebih rendah dari seekor ular. Dikatakan di Jepang yang makan daging ningyo dapat memberikan unaging keabadian. Dalam beberapa legenda putri duyung Eropa dikatakan beruntung.
Putri duyung dan duyung juga karakter dari cerita rakyat Filipina, di mana mereka secara lokal dikenal sebagai sirena dan siyokoy, masing-masing . Orang Jawa percaya bahwa pantai selatan di Jawa adalah rumah Jawa ratu Nyi Roro Kidul putri duyung.. 

*Diklaim penampakan
Diklaim penampakan dari putri duyung mati atau hidup telah datang dari tempat-tempat yang beragam seperti Jawa dan British Columbia. Ada dua laporan Kanada dari wilayah Vancouver dan Victoria, salah satu dari suatu antara 1870 dan 1890, yang lain dari tahun 1967. 
Pada bulan Agustus 2009, kota Kiryat Yam di Israel menawarkan hadiah sebesar $ 1 juta bagi siapa saja yang bisa membuktikan keberadaan putri duyung di lepas pantai, setelah puluhan orang melaporkan melihat putri duyung melompat keluar dari air seperti lumba-lumba dan melakukan udara trik sebelum kembali ke kedalaman. Hadiah belum diberikan.

Puteri duyung dalam dunia hiburan
Puteri duyung merupakan makhluk dalam kisah-kisah zaman dulu yang kini sangat terkenal karena dimunculkan kembali melalui imajinasi-imajinasi baru dan beberapa cerita meminjam karakter puteri duyung sebagai makhluk asing yang menawan.
Dalam Novel
Putri duyung juga dikenal sebagai karakter dalam dongeng The Little Mermaid (1836) karya Hans Christian Andersen yang telah diterjemahkan ke berbagai bahasa.
Puteri duyung muncul dalam novel Peter Pan dan Harry Potter sebagai makhluk yang bukan berasal dari alam manusia.
Aquamarine, novel karya Alice Hoffman, menceritakan tentang sepasang gadis yang menemukan puteri di kolam renang. Kisah ini difilmkan oleh Twentieth Century Fox pada tahun 2006, dibintangi oleh Sara Paxton, Emma Roberts dan JoJo.
Dalam film


Madison, si putri duyung dalam film Splash
Splash (1984), dibintangi Daryl Hannah dan Tom Hanks. Hannah berperan sebagai Madison, si puteri duyung yang jatuh cinta kepada manusia. Ia dapat memiliki kaki dan berjalan di darat, namun kapanpun air menyentuh tubuhnya, ia berubah menjadi puteri duyung.
The Little Mermaid (1989) oleh Walt Disney studio, mengadaptasi cerita Hans Christian Anderson tentang puteri duyung yang menginginkan sepasang kaki. Film ini dibuat sekuelnya dengan judul ‘’’The Little Mermaid 2: Return to the sea’’’.
She Creature (2001), berkisah tentang penculikan terhadap puteri duyung, yang mana pada akhirnya makhluk tersebut berubah menjadi monster ganas di sebuah kapal dan membunuh para lelaki.
Aquamarine (2006), berkisah tentang dua gadis yang menemukan puteri duyung yang bernama Aquamarine. Akhirnya mereka bersahabat dan puteri duyung tersebut menemukan cintanya.
Dalam serial televisi
Pada musim kelima serial Charmed, dalam episode The Witch’s Tail, Phoebe bertemu puteri duyung yang ingin menyatakan perasaan cinta pada kekasihnya atau ia akan kehilangan keabadiannya. Karena terkena mantra dalam usahanya demi menolong si puteri duyung, Phoebe ikut berubah menjadi puteri duyung.
Pada serial TV Fantasy Island, ada seorang puteri duyung bernama Naya, dibintangi oleh Michelle Phillips.
Marina (2004) adalah serial TV sukses dari Filipina, dibintangi oleh Claudine Barretto. Marina adalah serial fantasi pertama dari ABS-CBN dan menjadi sangat terkenal. Ditayangkan perdana pada bulan Februari dan berakhir di bulan November.
Serial TV Australia, H2O: Just Added Water (2006), mengisahkan tentang tiga orang gadis yang memasuki sebuah gua, kemudian berubah menjadi duyung, kapanpun air menyentuh kulitnya.
Puteri duyung dalam kesenian
Salah satu lukisan puteri duyung yang sangat terkenal adalah lukisan ‘’A Mermaid’’ karya John William Waterhouse, dilukis dari tahun 1895. Lukisan tersebut sempat hilang dan ditemukan kembali pada tahun 1970-an.
Puteri duyung juga biasa untuk dijadikan sebagai sebuah lambang. Puteri duyung yang membawa perisai dan pedang menjadi lambang Warsawa, ibukota Polandia. Patungnya terdapat di sana pula.



CKCKCKCK (-^_^-) memOYz

chat with ME !!!! (-^_^-)

Pengikut

FOLLOW

STATISTIC

BACKLINK

backlink backlink backlink Free BackLinks